Sampoerna University Mengabdi 2.0: Menjadi Keceriaan di Masa Pandemi

Badan Eksekutif Mahasiswa Sampoerna University telah sukses mengadakan rangkaian webinar pada hari Sabtu dan Minggu, 21-22 November 2020 sebagai salah satu acara inti dari kegiatan SU Mengabdi 2.0. 

SU Mengabdi 2.0 sendiri merupakan sebuah program tahunan dari BEM KM SU yang berfokus pada kegiatan sosial. Bertemakan “Enlighten Yourself, Enlighten Others,” SU Mengabdi 2.0 merupakan perwujudan dari kepedulian mahasiswa terhadap orang-orang di sekitarnya di masa pandemi. Kesulitan untuk memberi bantuan secara langsung ke masyarakat pada situasi saat ini menginisiasi BEM KM SU untuk tetap membantu secara virtual, melalui SU Mengabdi 2.0.

Penanggung jawab program, Dinda Putri, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan simpati mahasiswa dan mengubah simpati tersebut menjadi kontribusi nyata bagi masyarakat sebagai pemecahan masalah.

SU Mengabdi 2.0 memiliki dua rangkaian kegiatan inti, yaitu: Rangkaian Webinar dan Donasi HP. Webinar berlangsung dua kali dengan mengangkat dua tema yang berbeda.

Webinar pertama mengusung sub-tema “Answer to Your College Question,” membahas topik-topik unik tentang teknik, bisnis, dan pendidikan. Webinar pertama memiliki tujuan agar audiens dapat memahami dan menemukan hal-hal baru dari ketiga aspek tersebut.

Webinar kedua mengangkat sub-tema “Gaining Scholarship Through Image Branding,” dimana audiens akan dilatih tentang teknik menulis Bahasa Inggris, mulai dari E-mail, CV, dan Motivation Letter.

Kedua webinar tersebut merupakan webinar berbayar, dimana dana hasil pendaftaran webinar digunakan untuk pemberian bantuan HP kepada siswa SMAN 1 Jatiroto, Lumajang yang sudah ditargetkan sebelumnya. Rangkaian acara webinar sukses diberlangsungkan dengan total hampir mencapai 100 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, dengan beragam latar belakang pendidikan mulai dari sekolah menengah pertama hingga mahasiswa.

Untuk acara puncak dari Sampoerna University Mengabdi ini, panitia akan menyumbangkan dana donasi yang telah dikumpulkan sejumlah 9 juta untuk ditukarkan dengan smartphone dan diberikan kepada siswa yang membutuhkan. Melalui acara ini, dapat dipetik sebuah makna kehidupan bahwa meskipun kita hidup di masa sulit saat ini, itu tidak berarti bahwa kita tidak bisa membantu dan berbuat baik kepada orang lain. 

Dinda, Ketua Pelaksana acara Sampoerna University Mengabdi ini juga menambahkan “Acara SU Mengabdi ini memang merupakan acara community service yang diselenggarakan setiap tahun, dan tahun ini kami fokus agar acara ini memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan, salah satunya adalah siswa yang sedang mengalami kesulitan dalam pembelajaran online”.


Post a Comment

0 Comments